Informasi terbaru tentang teknologi dan pendidikan

Wednesday, August 31, 2016

Contoh Program Mapping

PROGRAM MAPPING

Nama Mata Pelajaran          : Seni Budaya
Kelas                                       : VIII (Delapan)
Semester                                 : I (Ganjil)
SKS                                        : -
Pengajar                                 : Isnaini
Deksripsi                                :
Muatan seni budaya dan keterampilan sebagaimana yang diamanatkan dalam Peraturan Pemerintah Republik Indonesia  Nomor 19 tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan tidak hanya terdapat dalam satu mata pelajaran karena budaya itu sendiri meliputi segala aspek kehidupan.  Dalam mata pelajaran Seni Budaya dan Keterampilan, aspek budaya tidak dibahas secara tersendiri tetapi terintegrasi dengan seni.  Karena itu, mata pelajaran Seni Budaya dan Keterampilan pada dasarnya merupakan pendidikan seni yang berbasis budaya.
Pendidikan Seni Budaya dan Keterampilan diberikan  di sekolah karena keunikan, kebermaknaan, dan kebermanfaatan terhadap kebutuhan perkembangan peserta didik, yang terletak pada pemberian pengalaman estetik dalam bentuk kegiatan berekspresi/berkreasi dan berapresiasi  melalui pendekatan: “belajar dengan seni”, “belajar melalui seni” dan “belajar tentang seni”. Peran ini tidak dapat diberikan oleh mata pelajaran lain. 
Salah satu hal yang dipelajari dalam mata pelajaran Seni Budaya dan Keterampilan adalah Seni Rupa Terapan, materi ini perlu adanya perlakuan khusus dalam membelajarkan siswa karena memang perlu adanya demonstrasi untuk menuntun siswa dalam praktik menciptakan salah satu kesenian yang terdapat pada klarifikasi seni rupa terapan nusantara. Sehingga untuk mengatasi hal tersebut salah satunya adalah dengan mengunakan sistem pembelajaran elektronik atau yang lebih umum masyarakat menyebutnya e-learning, dengan tujuan agar siswa bisa melihat teks, gambar dan video secara langsung untuk memberikan pemahaman yang lebih bagi siswa.
Tujuan Pembelajaran           :
1.      Siswa dapat menjelaskan tentang konsep seni rupa terapan nusantara dengan tepat, melalui system pembelajaran online pada modul pertama melalui kegiatan: menyimak penjelasan video tentang konsep seni rupa terapan nusantara, mengamati gambar tentang contoh dari seni rupa terapan nusantara, penugasan LKS, dan latihan mengerjakan tes essay online secara individu.
2.      Siswa dapat mengidentifikasi jenis karya seni rupa terapan nusantara pada masa lampau sebanyak 10 jenis dan masa modern sebanyak 6 jenis, melalui sistem pembelajaran online pada modul pertama melalui kegiatan: diskusi tentang materi pada buku paket Seni dan Budaya secara kelompok, menyimak penjelasan video tentang jenis karya seni rupa terapan nusantara, chatting antar siswa tentang materi jenis karya seni rupa terapan nusantara, mengidentifikasi gambar tentang jenis karya seni rupa terapan nusantara, penugasan pada LKS dan latihan mengerjakan tes atau soal online secara individu.

3.       Siswa dapat mengidentifikasi teknik pembuatan, fungsi, dan makna karya seni rupa terapan nusantara dengan tepat, melalui system pembelajaran online pada modul pertama melalui kegiatan: diskusi tentang materi pada buku paket Seni dan Budaya secara kelompok, menyimak penjelasan video tentang fungsi dan makna karya seni rupa terapan nusantara, mendemonstrasikan video tentang teknik pembuatan seni rupa terapan nusantara, chatting antar siswa tentang materi teknik, fungsi dan makna karya seni rupa terapan nusantara, penugasan pada LKS dan latihan mengerjakan tes atau soal online secara individu, dan praktik membuat salah satu jenis seni rupa terapan nusantara secara kelompok.
Share:

0 comments:

Post a Comment

Copyright © TEKNOLOGI DAN PENDIDIKAN | Powered by hgenah
Design by hgenah | Website Theme by hgenah | Distributed By Hgenah