PROGRAM MAPPING
Nama Mata Pelajaran :
Seni Budaya
Kelas : VIII
(Delapan)
Semester :
I (Ganjil)
SKS :
-
Pengajar :
Isnaini
Deksripsi :
Muatan seni budaya dan keterampilan sebagaimana yang
diamanatkan dalam Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 19 tahun
2005 tentang Standar Nasional Pendidikan tidak hanya terdapat dalam satu mata
pelajaran karena budaya itu sendiri meliputi segala aspek kehidupan.
Dalam mata pelajaran Seni Budaya dan Keterampilan, aspek budaya tidak dibahas
secara tersendiri tetapi terintegrasi dengan seni. Karena itu, mata
pelajaran Seni Budaya dan Keterampilan pada dasarnya merupakan pendidikan seni
yang berbasis budaya.
Pendidikan Seni
Budaya dan Keterampilan diberikan di sekolah karena keunikan,
kebermaknaan, dan kebermanfaatan terhadap kebutuhan perkembangan peserta didik,
yang terletak pada pemberian pengalaman estetik dalam bentuk kegiatan
berekspresi/berkreasi dan berapresiasi melalui pendekatan: “belajar dengan
seni”, “belajar melalui seni” dan “belajar tentang seni”. Peran ini tidak dapat
diberikan oleh mata pelajaran lain.
Salah satu hal yang dipelajari dalam
mata pelajaran Seni Budaya dan Keterampilan adalah Seni Rupa Terapan, materi
ini perlu adanya perlakuan khusus dalam membelajarkan siswa karena memang perlu
adanya demonstrasi untuk menuntun siswa dalam praktik menciptakan salah satu
kesenian yang terdapat pada klarifikasi seni rupa terapan nusantara. Sehingga
untuk mengatasi hal tersebut salah satunya adalah dengan mengunakan sistem pembelajaran
elektronik atau yang lebih umum masyarakat menyebutnya e-learning, dengan tujuan agar siswa bisa melihat teks, gambar dan
video secara langsung untuk memberikan pemahaman yang lebih bagi siswa.
Tujuan Pembelajaran :
1. Siswa dapat menjelaskan tentang konsep seni rupa
terapan nusantara dengan tepat, melalui system pembelajaran online pada modul pertama melalui
kegiatan: menyimak penjelasan video tentang konsep seni rupa terapan nusantara,
mengamati gambar tentang contoh dari seni rupa terapan nusantara, penugasan
LKS, dan latihan mengerjakan tes essay online
secara individu.
2. Siswa dapat mengidentifikasi jenis karya seni rupa terapan nusantara pada
masa lampau sebanyak 10 jenis dan masa modern sebanyak 6 jenis, melalui sistem
pembelajaran online pada modul
pertama melalui kegiatan: diskusi tentang materi pada buku
paket Seni dan Budaya secara kelompok, menyimak penjelasan video tentang jenis
karya seni rupa terapan nusantara, chatting
antar siswa tentang materi jenis karya seni rupa terapan nusantara,
mengidentifikasi gambar tentang jenis karya seni rupa terapan nusantara,
penugasan pada LKS dan latihan mengerjakan tes atau soal online secara individu.
3.
Siswa dapat mengidentifikasi teknik pembuatan,
fungsi, dan makna karya seni rupa terapan nusantara dengan tepat, melalui
system pembelajaran online pada modul
pertama melalui kegiatan: diskusi tentang materi pada buku
paket Seni dan Budaya secara kelompok, menyimak penjelasan video tentang fungsi
dan makna karya seni rupa terapan nusantara, mendemonstrasikan video tentang
teknik pembuatan seni rupa terapan nusantara, chatting antar siswa tentang materi teknik, fungsi dan makna karya
seni rupa terapan nusantara, penugasan pada LKS dan latihan mengerjakan tes
atau soal online secara individu, dan
praktik membuat salah satu jenis seni rupa terapan nusantara secara kelompok.
0 comments:
Post a Comment