Pentingnya Inovasi Pendidikan
Sistem pendidikan nasional yang telah dibangun selama
ini, ternyata belum mampu sepenuhnya menjawab kebutuhan nasional dan tantangan
dunia global saat ini. Program pemerataan dan peningkatan kualitas pendidikan
yang selama ini merupakan fokus pembinaan masih menjadi masalah paling menonjol
dalam dunia pendidikan kita.
Untuk
menciptakan keunggulan kompetitif, setiap bangsa memerlukan inovasi yang cerdas dalam
dunia pendidikan, sedangkan
untuk menjadi bangsa yang berharkat mulia sebuah bangsa harus memerlukan
keunggulan komparatif dan kompetitif. Jika bangsa Indonesia ingin menghasilkan
berbagai keunggulan kompetitif dari outcome
pendidikan, maka terobosan yang cerdas harus menjadi prioritas penting dalam
pengembangan system pendidikan.
Inovasi (pembaharuan) mengingatkan kita pada istilah invention dan
discovery. Invention adalah penemuan sesuatu yang benar-benar baru artinya hasil
karya manusia. Discovery adalah penemuan sesuatu (benda yang sebenarnya telah
ada sebelumnya. Dengan demikian, inovasi dapat diartikan usaha menemukan benda
yang baru dengan jalan melakukan kegiatan (usaha) invention dan discovery.
Dalam kaitan ini Ibrahim (1989) mengatakan bahwa inovasi adalah penemuan yang
dapat berupa sesuatu ide, barang, kejadian, metode yang diamati sebagai sesuatu
hal yang baru bagi seseorang atau sekelompok orang (masyarakat). Inovasi dapat
berupa hasil dari invention atau discovery. Inovasi dilakukan dengan tujuan
tertentu atau untuk memecahkan masalah ((Subandiyah 1992:80)
Tanpa
ada inovasi yang signifikan, pendidikan nasional hanya akan menghasilkan
lulusan yang tidak mandiri dan selalu tergantung pada
pihak yang lain. Dalam perspektif global hasil pendidikan yang demikian
justru akan menjadi beban bagi bangsa dan
Negara, sekaligus bagi masyarakat.
Dengan
melihat tantangan dan problematika pendidikan nasional yang begitu kompleks
maka perlu dicari solusi praktis agar bangsa ini mampu menghadapi fenomena ini
secara efektif adalah dengan mengubah paradigma yang selama ini kita gunakan terutama terkait dengan hakekat pendidikan. Jika
cara pandang pemerintah terhadap pendidikan tidak berubah, maka system dan
praktis pendidikan tidak akan mampu meningkatkan kualitas kehidupan
manusia ,dan bahkan pendidikan tidak akan
mampu memberdayakan masyarakat secara luas bersamaan dengan perubahan ilmu
pengetahuan dan teknologi.Satu hal lagi yang harus diingat, pendidikan di era
global ini sangat penting perannya dalam mewujudkan kesejahteraan masyarakat.
Kondisi
ini semua menyebabkan pendidikan nasional hanya mampu menghasilkan orang-orang
yang tidak mandiri, tidak
kreatif, tidak memiliki self awarnes, tidak mampu berkomunikasi secara baik
dengan lingkungan fisik, sosial dan kultural
dalam komunitas kehidupannya.
0 comments:
Post a Comment